Tuesday, July 9, 2013

Just Keep Moving Forward Because The Time's Doing So

Photo's taken from here
Sok oke sekali judulnya ya? Padahal kalau diperpendek hanya jadi frasa "move on". Tapi cukup bijak bukan? Sesekali bolehlah dijadikan pengingat saat kita sedang galau dan bimbang akan suatu pilihan, apapun itu.

Pun kemarin lusa, ketika salah seo
rang teman yang sedang galau karena ada hal yang tidak berjalan sesuai dengan harapannya. Kemudian hal ini tentu berimbas ke rencana-rencana hidup lainnya.

Well, memang begini kan ya hidup? Cuma bisa dijalani sekali saja dan selalu berjalan ke depan sana. Tidak bisa di putar ulang, tidak bisa dipercepat, tidak bisa diperlambat.

Time is always going forward, it cannot go backward. Saat kita tiba di percabangan untuk memilih ya harus memilih. Ingat yang tadi saja, hidup itu  cuma sekali, pilihan ini pun akan jadi sekali waktu itu saja. Apapun yang dipilih harus tahu konsekuensinya.

Tentu saja diam juga merupakan sebuah pilihan. Diam untuk berpikir merupakan keputusan yang bijak. Tapi sejatinya diam tersebut hanya sebagai jembatan kepada pilihan kita. Berpikir disini bisa jadi sangat sulit dan lama karena terkait pilihan hidup kita. Terlebih ketika terpaksa untuk harus memilih akibat sesuatu yang tidak diharapkan seperti contoh yang saya sebutkan tadi.

Tapi, kerugian jelas berpihak ke diri kita ketika terlalu lama berdiam untuk berpikir. Waktu masih saja bergerak sedangkan kondisi kita masih jalan di tempat. Ini seperti membiarkan sang waktu mempercundangi diri kita. Bagi saya, ketika saya pernah mengalaminya, ini rasanya seperti saya seakan-akan ingin dilahap oleh waktu. Mengerikan..

Dalam kondisi itu, saya memang berhenti. Sejenak. Untuk berpikir. Dan saya rela walaupun merasa ditinggal oleh pergerakan waktu. Tapi itu harus sebentar saja. Waktu yang sebentar saja yang saya gunakan untuk berpikir, melihat sekeliling, atau bahkan melihat ke belakang. Itu sah -sah saja. But don’t dwelling in it. Lalu harus berdiri dan berlari mengejar ketertinggalan. Stay focus on the path that you have chosen.


It’s all about you and the time. Bukan tentang orang lain. Bukan tentang pilihan orang lain. Bukan tentang pendapat orang lain. Karena ini hidup kita sendiri. Karena hidup kita, kita yang menentukan.  There's nothing to do with the other's