Saturday, December 22, 2012

Tentang Doa, Tentang Harapan, Tentang Mimpi


 Dream doesn't become reality through magic; it takes sweat, determination and hard work~Colin Powell

Kita bermimpi, kita berharap, kita berdoa..

Manusia mana yang tidak memiliki mimpi? Sadar atau tidak setiap orang mengangankan mimpi. Disebutkan atau tidak setiap orang terlintas akan mimpi. Tentang ingin menjadi apa. Tentang menjalani hidup seperti apa.

Mimpi yang menggerakkan kita untuk tetap hidup, dengan penuh semangat, dengan penuh motivasi, dengan penuh keyakinan. Seringkali, Ada hal-hal yang perlu diperjuangkan sekuat tenaga. Ada hal-hal yang dikorbankan dengan berlapang dada. 

Manifestasi perjuangan dan pengorbanan ini lah yang mengantarkan kita pada harapan. Ketika kita memiliki kebulatan niat dan keteguhan tekad, di situlah bisa kita lihat seberapa kuat perjuangan kita. Ketika kita berani mengambil resiko dan berbesar hati di situ pulalah bisa kita liat seberapa rela pengorbanan kita. Perjuangan dan pengorbanan tersebutlah yang menjadi acuan seberapa besar harapan kita. Semakin besar perjuangan dan pengorbanan kita akan pantas jika kita memiliki harapan yang besar pula. Demikian juga berlaku untuk sebaliknya. 

Lalu do'a..? Do'a lah yang menunjukkan keyakinan diri kita. Bahwa dengan doa kita masih merendahkan diri di depan Tuhan untuk tidak angkuh atas kekuatan, atas pengorbanan, atas mimpi yang luar biasa. Kita masih menunduk untuk meminta kepada Tuhan dan sadar bahwa segala sesuatunya tidak akan terjadi tanpa kehendakNya. Dengan doa kita optimis atas perjuangan dan kegigihan hati. Dengan doa kita relakan pengorbanan karena dalam doa, kita memohon yang terbaik dari Tuhan. Karena dengan doa mimpi yang bagi manusia mustahil adalah perkara mudah untuk diwujudkan oleh Tuhan semesta alam.

Dan demi apapun yang ada di dunia ini, beranikanlah diri untuk bermimpi seluas apa, bermimpi setinggi apa, bermimpi sedalam apa yang pasti bermimpilah. Tatap lekat-lekat mimpi kita, berjuang dan berkorban untuk harapan-harapan kita. Berdoa, memohon, dan yakin kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dan berikut ini adalah mimpi-mimpi teman-teman saya yang luar biasa, saya dedikasikan penuh untuk mereka dan untuk mimpi-mimpi mereka. Saya hanya mampu berdoa agar mimpi-mimpi mereka terwujud walaupun akan menyenangkan apabila menjadi bagian perjuangan mereka.

  • Mengusahakan bibit-bibit emas daerah untuk menerima 'keadilan pendidikan' agar menjadi Pak Habibie lain dengan membangun sekolah-sekolah gratis di seluruh pelosok Indonesia
  • "Memperkaya diri" secara islami untuk kemudian menjadi orang yang berpengaruh di Indonesia dengan kekayaannya
  • Membuat paten di bidang teknologi, software yang canggih untuk kesejahteraan hidup manusia.
  • Membuat sistem pertanian modern yang efektif dan efisien dengan menerapkan prinsip engineering untuk mengangkat sistem pertanian di Indonesia sehingga tidak tertinggal dari negara-negara maju.
  • Menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan postif seperti pembelajaran dengan menjadikannya sebagai perpustakaan.
  • Membangun perusahaan listrik dengan energi terbarukan demi 'melistriki' tanah air.
  • Membuat wadah 'segala-ilmu' untuk sharing ilmu pengetahuan untuk siapapun itu, apapun itu, kapanpun itu, dan dimanapun itu dengan harapan semua orang 'terjangkau' oleh 'segala-ilmu' 
Sedangkan mimpi saya? Biarkan saya teriakan keras-keras di kepala saya. Semoga semua mimpi kita semua terwujud demi negeri tercinta. Aamiin.

P.S.: Dalam rangka menguatkan diri untuk meraih mimpi.