Thursday, June 14, 2012

Wisata Kuliner Jawa Timur (Part 1)

Sejak akhir Oktober tahun lalu, saya diberi kesempatan untuk support kerjaan di Surabaya. Sebenarnya Surabaya hanyalah kantornya saja, jangkauan pekerjaannya ya meliputi Jawa Timur. Untuk soal makanan, ternyata banyak makanan baru yang saya temui selama saya di Jawa Timur ini. Khusus di Surabaya saja sudah beberapa jenis makanan yang belum pernah saya coba sebelumnya. Terlebih lagi makanan-makanan di daerah lain. Langsung saja berikut ini makanan-makanan yang saya temui selama di Jawa Timur ini:
Tamie
Lodho
Nasi Ayam Sayur
Sate Ponorogo
Nasi Goreng Pattaya



Oke, sedikit deskripsi untuk masing-masing makanan dari atas ke bawah:

1. Tamie: Saya seketika pengen mencoba makanan ini ketika melihat bentuknya-yak seperti sarang burung. Kenapa bisa begitu? Karena Mie pada tamie ini digoreng hingga garing (beneran sampe kriuk-kriuk). Nah lalu diatasnya disiram seperti masakan cap cay. Rasanya enak dan unik. Tapi porsinya cukup banyak bagi saya.

2.Lodho: Lagi, seketika saya ingin mencoba makanan ini, bukan karena bentuknya tapi karena namanya. Dalam perjalanan ke daerah Trenggalek, nama makanan ini terpampang di warung-warung makan. Jadilah saya penasaran dan mencoba. Simply, makanan ini terdiri dari nasi, lalapan dan ayam kuah. Nah, ayam kuahnya inilah yang rasanya unik dan belum pernah saya coba. Rasa ayamnya pedas-asam-asin dan dagingnya juga empuk. Lezat pastinya :9

3. Nasi Ayam Sayur: Waktu membaca menunya saya kira semacam ayam berkuah (bahkan ada saudaranya "Nasi Sayur Ayam" dengan beda sajian lagi). Menu ini disajikan dengan nasi, sayur ayam, acar dan telur ceplok. Sayur ayamnya ini merupakan olahan sawi, mie, dan ayam yang dimasak dengan cara ditumis. 

4. Sate Ponorogo: Walaupun namanya sate ponorogo, saya makan sate ini bukan di Ponorogo melainkan di Surabaya. Sate ini tidak berbeda jauh dengan sate madura atau sate lainnya. Waktu saya memakan satenya, yang terasa berbeda adalah tekstur satenya. Cukup berbeda dengan sate lainnya. Mungkin potongan dagingnya yang berbeda dibanding yang lain.

5. Nasi Goreng Pattaya: Makanan ini pun saya temui di restoran khas Malaysia yang terletak di daerah Gayungan Surabaya. Sajiannya tentu unik karena nasi gorengnya dibungkus dengan telur dadar. Selain itu, nasi goreng ini disajikan dengan kaldu. Jadi sembari makan nasi goreng sambil makan kaldunya. Tadinya saya berpikir aneh, tapi rasanya enak kok. Malah kurang kaldunya (setiap sendok nasi gorengnya ingin saya tambahkan kaldunya :hammer:)


Masih banyak makanan-makanan lain yang saya coba selama saya di Jawa Timur. Tentunya tidak kalah enak :9 :9 :9
 

No comments:

Post a Comment