Sunday, October 3, 2010

Cloud Computing: One of Business Opportunity as Improvement of IT

This is one of my college assignment..
i just want to share here..
yet, it is in bahasa..sorry for that..


Cloud Computing: Salah Satu Peluang Bisnis Sebagai Dampak Perkembangan Teknologi Informasi
Daryanto 0706163640
Teknik Elektro Universitas Indonesia
==============================================================
Dalam dua dekade terakhir ini, sangat jelas terlihat terjadinya peningkatan yang signifikan pada dunia teknologi termasuk pula teknologi komputerisasi. Terkait dengan teknologi komputerasasi tersebut, internet menjadi salah teknologi terkait yang turut mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini, eksistensi kedua teknologi tersebut sudang sangat erat dengan kehidupan manusia. Bahkan bagi sebagian kalangan kebutuhan akan teknologi tersebut tidak lagi menjadi kebutuhan tersier melainkan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi setelah sandang, pangan, papan. Hal in i tidak lain ada lain karena dunia internet menjadi suatu dunia yang menyediakan apa saja.
Dalam dunia bisnis, peluang apapun yang ada harus diambil untuk meraih kesuksesan. Tidak terkecuali terkait dengan adanya dunia maya ini. Bagi pebisnis sejati, hal ini menjadi peluang yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak? Semua hal dapat diperoleh melalui internet. Dan dalam beberapa waktu terakhir ini, bentuk usaha tidak melulu seperti dulu yang harus bertemu muka untuk melakukan transaksi, tanpa bertemu pun transaksi dapat dilakukan bahkan dalam waktu yang cukup instan. Inilah fenomena pergeseran bentuk bisnis yang terjadi belakangan ini sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi. Tidak hanya itu, hingga saat ini, penggunaannya masih belum maksimal, khususnya di Indonesia.
Karena fleksibilitas internet ini, terdapat banyak peluang usaha dan banyak jenis usaha yang dapat dilakukan melalui media ini. Salah satu usaha yang dapat menjadi peluang yang menggiurkan adalah cloud computing. Tidak hanya menjadi peluang, bisnis ini bahkan telah terbukti memberikan kesuksesan bagi pemiliknya seperti amazon.com, google, microsoft, dan lain sebagainya.
Berdasarkan wikipedia.org cloud computing diartikan sebagai komputasi berbasis internet dimana dapat berbagi sumber daya, software, maupun informasi yang disediakan untuk komputer atau divais lainnya berdasarkan permintaan pengguna, hal ini seperti halnya jaringan listrik. Secara terminologi, cloud yang berarti awan mengacu pada jaringan internet yang sangat kompleks, sedangkan computing mengacu pada kegiatan komputasi. Dengan demikian definisi mengenai cloud computing kurang lebih sama seperti definisi dari wikipedia tersebut. Segala jenis kegiatan yang berkaitan komputasi tersebut disediakan oleh jaringan internet. Secara spesifik, ketika pengguna berkeinginan untuk melakukan kegiatan komputasi, sebagai contoh menggunakan software tertentu, pengguna tersebut dapat mempergunakan melalui jaringan internet. Semua hal yang dibutuhkan terdapat di server dan dapat digunakan kapanpun pengguna inginkan selama dia terhubung dengan internet. Sedemikian mudahnya sehingga pengguna tidak lagi memerlukan infrastruktur yang kompleks dalam memenuhi kebutuhan komputasinya. Selain keuntungan tentang kemudahan tersebut, terdapat beberapa keuntungan cloud computing, seperti:
  • Mengurangi biaya operasional, pengurangan biaya operasional ini dapat dirasakan baik oleh pengguna maupun penyedia jasa. Bagi pengguna, mereka dapat mengakses dari komputer manapun tanpa khawatir kehilangan data yang ada. Sedangkan bagi penyedia jasa, mereka tidak perlu memproduksi ulang atau bahkan melakukan pengiriman, melainkan hanya menyewakan ruang di server.
  • Ruang penyimpanan file yang lebih besar, dimana penyimpanan yang disediakan penyedia jasa lebih besar dibandingkan dengan ruang penyimpanan personal computer mereka.
  • Ter-update secara otomatis, hal ini memungkinkan untuk tidak perlu adanya orang yang harus meng-update software yang ada satu persatu. Selama terhubung dengan internet, semua update terbaru dapat dilakukan secara otomatis.
  • Komputasi yang lebih fleksibel, sistem komputasinya lebih fleksibel dibandingkan sistem komputasi lama. Ditambah lagi, lebih efisien terutama bagi pengguna yang sangat menghargai waktu.
  • Mobilitas yang baik, dimana pengguna dapat melakukan komputasi dimanapun berada atau bahkan tidak dengan komputer pribadinya sekalipun. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu dan biaya terkait dengan akses data komputasi tersebut.
Walaupun terkesan mirip, jenis-jenis pelayanan cloud computing dapat dikategorikan sebagai berikut:
  • SaaS (Software as a Service)
Merupakan jenis cloud computing yang mengirimkan suatu aplikasi melalui browser ke ribuan pelanggan menggunakan suatu multitenant architecture. Di sisi pengguna, tidak perlu dilakukan adanya investasi awal seperti lisensi software sedangkan di sisi penyedia hanya dengan satu aplikasi yang dijaga akan menurunkan biaya dibandingkan hosting konvensional. Salah satu penyedia yang cukup terkenal dengan jenis ini adalah Salesforce.com.
  • Utility Computing
Jenis cloud computing ini sebenarnya tidak termasuk baru, setelah adanya Amazon.com, Sun , IBM, dan lainnya yang menawarkan ruang penyimpanan serta server virtual sehingga IT dapat mengakses secara on demand, membuat jenis ini kembali hidup. Tidak hanya ruang penyimpanan saja yang ditawarkan bahkan beberapa perusahaan mengintegrasi bersamaan memori, I/O, dan kapasitas komputasi sebagai sumber daya yang dapat diakses melalui jaringan internet.
  • Web Service in The Cloud
Seperti halnya SaaS, jenis ini menawarkan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan developer untuk mengirimkan aplikasi secara khusus, tidak seperti SaaS yang mengirimkan seluruh aplikasinya. Contoh dari jenis ini adalah Google Maps atau credit card processing service.
• Platform as a Service
Merupakan varian dari Saas dimana pengguna membuat aplikasinya sendiri kemudian menjalankannya di infrastruktur provider untuk selanjutnya dikirimkan ke user melalui internet dari server provider.
  • MSP (Managed Service Providers)
MSP merupakan salah satu bentuk cloud computing yang lama dimana suatu pelayanan yang pada dasarnya lebih ditujukan ke dalam IT dibandingkan ke end-user, misalnya virus scanning untuk email atau desktop management service. Beberapa penyedianya adalah SecureWorks, IBM, Verizon, CenterBeam, atau Everdream.
  • Service Commerce Platforms
Merupakan teknologi hybrid antara SaaS dan MSP yang menawarkan suatu service hub yang memungkinkan pengguna berinteraksi satu sama lain. Jenis ini biasa dijumpai dalam lingkungan perdagangan. Contohnya yaitu, Rearden Commerce dan Ariba
Dengan berbagai jenis layanan yang memberikan kemudahan baik bagi pengguna atau bahkan membantu mempermudah provider dalam menyalurkan barangnya ke tangan konsumen, cloud computing dapat menjadi peluang bisnis yang bagus. Di luar sana terdapat hampir dua milyar pengguna internet yang pasti tergiur dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi cloud computing ini. Bahkan bagi beberapa perintis provider cloud computing telah merasakan kesuksesannya dalam melayani para pengguna internet tersebut.
Untuk dalam negeri sendiri, cloud computing ini masih sulit untuk diimplementasikan mengingat kualitas koneksi internet yang ada saat ini masih belum cukup baik untuk menjalankan teknologi ini. Namun demikian, sebagai pengguna internet di posisi 16 dunia dengan 30 juta pengguna internetnya, tidak menutup kemungkinan Indonesia menjadi pasar yang cukup menjanjikan untuk bisnis ini. Terlebih lagi jumlah ini tentunya akan terus meningkat.

References:
http://www.webhostingreport.com/learn/advantages-of-cloud-computing.html
http://www.infoworld.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
http://www.internetworldstats.com/top20.htm