Saturday, October 6, 2012

Wisata Kuliner Jawa Timur (Part 2)

Oke..kali ini saya akan melanjutkan cerita saya menemukan makanan-makanan di Jawa Timur yang cukup berkesan bagi saya. Tentunya tulisan ini melanjutkan Wisata Kuliner Jawa Timur (Part 1) yang saya tulis sebelumnya. Berikut ini adalah makanan-makanan yang saya temukan di bagian lain di Jawa Timur:
Bubur Sumsum-Blitar

Pecel Daging Sapi-Jember
Ayam Kampung Bakar Parama- Blitar


Tahu-Telur-Lontong- Blitar
Es Duren- Jombang
 Nah setelah lihat-lihat penampakannya, berikut ini sedikit deskripsi dari tiap-tiap makanan tersebut:
  • Bubur Sumsum: mungkin bubur sumsum seringkali kita jumpai, terlebih lagi kalau bulan ramadhan biasanya dijadikan salah satu alternatif untuk berbuka. Bubur sumsum yang saya temui di  Blitar ini berbeda dengan Bubur sumsum yang biasa saya jumpai. Biasanya sepengetahuan saya cuma bubur dengan tambahan kuah gula merah atau paling banter ditambahin biji salak atau mutiara. Tapi, selain kuah gula merah bubur ini juga diberi tambahan biji salak, cendol, ketan hitam, dan agar-agar. Rasanya enak. Buat yang mau mencoba rasanya bubur ini bisa langsung ke kedainya di sebelah STO Telkom Blitar pas pagi hari.
  • Pecel Daging: Layaknya pecel pada umumnya, pecel ini terdiri dari sayuran yang diberi saus kacang. Ada pula tambahan peyek kacang seperti biasanya. Yang unik dari pecel ini adalah adanya tambahan daging sapi (empal mungkin) dalam penyajiannya. Alhasil citarasa daging sapinya cukup kuat (saya rasa bumbunya juga bercita rasa sapi, karena aromanya lumayan kuat). Bagi saya yang kurang begitu suka daging sapi memang rada kewalahan, apalagi porsi yang lumayan banyak. Walaupun demikian, sepertinya makanan ini cukup terkenal di Jember.
  • Ayam kampung bakar Parama: Parama merupakan salah satu restoran terbaik yang saya lihat selama saya di Blitar. Resotannya dibuat cukup modern dengan warna merah cerah, ada live music, ada TV dan ada tempat duduk berupa sofa yang cocok untuk berkumpul beramai-ramai. Untuk ayam kampung bakarnya sendiri cukup lezat apalagi sambelnya. Yang unik dari makanan ini adalah nasi yang dibungkus daun pisang. Inilah yang membuat nasinya beraroma sedap. 

  • Tahu-Telur-Lontong: Makanan ini saya temukan di Blitar juga dimana saya belum pernah menemukan dimanapun sebelumnya. Seharusnya makanan ini bukan menggunakan lontong melainkan nasi. Karena tidak terbayang seperti apa masakannya saya memilih lontong (entah kenapa saya berpikir sepertinya lebih cocok lontong dari pada nasi padahal belum tahu wujudnya seperti apa). Ternyata tahu-telur yang dimaksud adalah telur yang didadar dengan potongan tahu. Well, ketika disajikan tinggal potongan lontong diberi saus (saya lupa tepatnya sausnya seperti apa, mungkin seperti saus kupat tahu) kemudian diberi tahu-telur, terakhir ditambah kerupuk, that's it. Cukup mengenyangkan dikala lapar tengah malam. Rasanya juga enak apalagi pilihan saya tepat dengan menggunakan lontong.
  • Es Duren: Yang terakhir ini bukan merupakan makanan melainkan minuman yang ada disepanjang jalanan Jombang sebelum alun-alun. Saya mencoba minuman ini karena saya pecinta duren. Ketika tahu, ternyata ini bukan sekedar es duren biasa, karena ada tambahan alpukat, kelapa muda, dan leci. Rasanya enak banget. Tapi sayangnya leci yang dipakai adalah leci kalengan. Sedangkan durennya sendiri cuma sedikit. Mungkin kalau saya bikin sendiri akan saya beri duren yang banyak :D
 Nah, itulah beberapa culinary Jawa Timur yang saya jumpai. Masih ada beberapa jenis makanan lagi yang nantinya akan saya posting lagi.

No comments:

Post a Comment